MAKALAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Perbandingan Rekrutmen Karyawan Jobs.id dan Jobsstreet
MDP Business School | LinkedIn
Disusun Oleh : Sania Eka Febriyanti
Npm : 1822200066
Dosen Pengampuh : Charisma Ayu Pramuditha,M.HRM

Palembang
2019/2020


Kata Pengantar

Puji syukur atas kehadiran Allah swt , yang mana pada telah memberikan saya rahmat dan hidayah-nya untuk saya bisa menyelesaikan tugas ini yang berjudul " Perbandingan Rekrutmen Karyawan jobs.id dan jobsstreet , dengan tepat waktu.
Adapun penulisan makalah ini saya juga menambah wawasan untuk saya pribadi dan untuk yang membaca artikel ini juga,  untuk memenuhi tugas dari ibu Charisma Ayu Pramuditha,M.HRM pada mata kuliah MSDM lanjutan. 
Saya ucapkan terima kasih kepada ibu Charisma Ayu Pramuditha,M.HRM yang telah memberi tugas saya karna bagi saya juga untuk menambah wawasan saya juga. Oleh karena itu saya disini mungkin ada salah dalam penulisan kata atau kalimat mohon dimaklumi karna saya masih tahap pembelajaran dan untuk itui saya penulis berharap agar artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Palembang,28 Maret 2020




Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan,pegawai,buruh,manajer, dan atau semua tenaga kerja yang menompang seluruh aktivitas dari organisas, lembaga atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, bagian yang mengurusi sumber daya manusia pada organisasi biasanya disebut department SDM dan HRD. Pengertian Msdm menurut Melayu SP Hasibuan adalah menyatakan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan ilmu dan seni mengatur peran hubungan kerja agar dapat secara efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan, pekerja, dan masyarakat.
Tujuan Sumber daya manusia sebagian berikut : Tujuan Sosial, Tujuan Organisasi, Tujuan Fungsional, Tujuan individual.


B. Rumusan Masalah

a. Pengertian dari Perekrutan Karyawan
b. Kekurangan dan Kelebihan Perekrutan Karyawan Online
c. Apa perbedaan jobs.id dan jobstreet


C. Tujuan
1. Tujuan Untuk mengetahui apa Perekrutan Karyawan
2. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Jobs.id dan Jobsstreet
3. Analisis SWOT jobs.id dan jobstreet.


BAB II
PEMBAHASAN

B. Rumusan Masalah

     a. Pengertian dari Perekrutan Karyawan
   Definisi rekrutmen adalah proses mencari,menemukan,mengajak,dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan sumber daya terpenting dalam suatu organisasi ataupun perusahaan. Setiap organisasi memerlukan manusia untuk mengoperasikan.

   Pengertian rekrutmen menurut para ahli :

  1. Fautino Cardoso Gomes,M.Si. (2003:105) Rekrutmen adalah proses menemukan dan merekrut            pelamar untuk dan dari suatu organisasi.
  2. Menurut Robert L. Mathis (2011:207) rekrutmen adalah proses menyatukan sekelompok pelamar
      yang memenuhi persyaratan untuk bekerja.
  3. Menurut Soekidjo Notoadmojo (2003:130) Perekrutan adalah proses yang mencari dan mengikat
    calon karyawan yang memiliki kemampuan untuk memiliki kebutuhan yang direncanakan
    organisasi.

   Salah satu kunci utama mencipatakan sumber daya manusia (SDM) yang profesional adalah terletak pada proses rekrutmen, seleksi, Training, dan Development calon tenaga kerja. Mencari tenaga kerja yang profesional dan berkualitas tidaklah gampang.
Ini adalah komitmen dalam organisasi dan perusahaan perlu mencari anggota karyawan baru. Untuk alasan ini rekrutmen pekerja diperlukan untuk mempertimbangkan kandidat yang ingin melamar, dalam organisasi sikap ini menjadi proses penting dalam memutuskan apakah akan ditetapkan pada organisasi atau tidak.

  Metode rekrutmen eksternal dapat dilakukan melalui pengiklanan , rekomendasi dari internal perusahaan, penyediaan tenaga kerja, rekrutmen dari lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, inisiatif pelamar dan media sosial.


    b. Kekurangan dan kelebihan Rekrutmen karyawan

    Kekurangan dan Kelebihan rekrutmen karyawan ada yang internal dan eksternal
Jadi kalau Rekrutmen karyawan internal adalah rekrutmen tenaga kerja menggunakan sumber dari dalam dengan tujuan meningkatkan moral,atau semangat kerja yang sudah ada, menjaga kesetiaan pegawai, memberi motivasi kerja pada pegawai, dan memberi penghargaan kepada pegawai yang berprestasi.

Kelebihan rekrutmen karyawan internal :
1. Lowongan cepat terisi.
2. Penyesuaian diri cepat.
3. Meningkatkan semangat kerja pegawai.
4. Menumbuhkan komitmen.
5. Mengurangi biaya dan orientasi pelatihan.
6. Pengembangan karier jelas.

Kekurangan rekrutmen karyawan internal :
1. Tidak selalu memberikan perseptif baru.
2. Menghambat gagasan baru.
3. Dapat menimbulkan konflik apabila penempatan salah.
4. Karakter yang tidak baik akan tetap terbawa.
5. Mengahambat kreatifitas dan inovasi
6. Adanya kemungkinan promosi karyawan melebihi kapasitas.

Rekrutmen karyawan eksternal adalah perekrutan yang para pelamarnya berasal dari luar perusahaan yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan atau para pencari kerja.

Kelebihan rekrutmen eksternal :
1. Kewibaan pejabat lebih baik.
2. Kemungkinan membawa sistem kerja baru yang lebih baik.
3. Memperhatikan spesifikasi karyawan.

Kekurangan rekrutmen karyawan eksternal :
1. Prestasi karyawan cendrung turun.
2. Biaya perekrutan besar karna iklan dan seleksi.
3. Waktu perekrutan relatif lama.
4. Orientasi dan induksi harus dilakukan.
5. Turnover cendrung akan meningkat.
6. Perilaku dan loyalitasnya belum diketahui.


   c. Apa perbedaan jobs.id dan jobsstreet

     Jobs.id
obs.id adalah portal kerja online yang menyediakan info lowongan kerja dan opsi karier dari berbagai ranah industri yang mencakup bidang finansial dan perbankan, informasi teknologi (IT) dan telekomunikasi, hingga bidang media dan periklanan, dan lain sebagainya. Lebih dari itu, di Jobs.id, selain perusahaan menyediakan langsung info lowongan kerja dengan deskripsi dan kualifikasi individu yang dicari, pengguna laman Jobs.id juga dapat melampirkan profil yang akan menjadi panduan pencarian bagi klien kami yang sedang merekrut tenaga kerja.

Tampilan dari Jobs.id 





Tampilan dari Jobsstreet




C. Tujuan
    1. Tujuan Untuk mengetahui apa Perekrutan Karyawan.

  Menurut Henry Simamora (1997:214) proses rekrutmen memiliki beberapa tujuan, antara lain:
1. Untuk memikat sekumpulan besar pelamar kerja sehingga organisasi akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk melakukan pemilihan terhadap calon calon pekerja yang dianggap memenuhi standar kualifikasi organisasi.

2. Tujuan pacsa pengangkatan (post-hiring-goals) adalah penghasilan karyawan-karyawan yang merupakan pelaksana-pelaksana yang baik dan akan tetap bersama dengan perusahaan sampai jangka waktu yang masuk akal.

3.Upaya-upaya perekrutan hendaknya mempunyai (spoiler effect) yakni citra umum organisasi harus menanjak, dan bahkan pelamar-pelamar yang gagal harus mempunyai kesan kesan positif terhadap perusahaan.


   2. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Jobs.id dan Jobsstreet.

Kelebihan dan Kekurangan Jobs.id :
Kelebihan
1. Tentang diri kita lebih lengkap bisa memasukan pengalaman kerja dan dokumen lain nya untuk  menjadi syarat untuk melamar di sebuah perusahaan.

2. Dapat bekerja bersama tim

3. Jobs.id mencakup lowongan kerja yang dibidang finansial dan perbankan.

4. Jobs.id juga melampirkan profil yang akan menjadi panduan pencarian bagi klien yang sedang merekrut tenaga kerja.

Kekurangan
1. Jika kita masih fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman kerja, kita harus memperlihatkan ketertarikan atas pekerjaan yang kita lamar.

2. Jika kita melamar pekerjaan yang tidak berhubungan dengan angka dan statistik, kita bisa mengatakan bahwa kita lemah dengan matematika.

3. Kita juga bisa mengatakan bahwa kelemahan kita dapat berarti kelebihan juga.

Kelebihan dan Kekurangan Jobsstret :
Kelebihan
1. Pembuatan dan pembaruan profil online yang mudah.

2.  Aplikasi online instan untuk kesempatan kerja lokal dan di seluruh dunia.

3.  Info lowongan pekerjaan LiNa yang dikirimkan ke email pribadi Anda.
4. Dapat mengetahui lamaran pekerjaan dan status lamaran pekerjaan yang Anda kirimkan
5. Akses ke laporan gaji, tips-tips tentang karir dan banyak lagi.


Kekurangan
1. Di JobStreet bila lamaran kita ditolak kita tidak bisa hapus informasinya. Hanya bisa di-TARIK Surat Lamarannya. Jadi lumayan menuh-menuhin aplikasi. Normalnya, iklan lowongan minimal 30 hari. Bila sudah lewat 30 hari, kita akan dapat email dari JobStreet bahwa iklan tersebut sudah tidak tersedia.

2. Kekurangan JobStreet kita hanya dapat upload 1 CV saja. Ini agak merepotkan bila kita mendaftar dengan beberapa CV yang berbeda. Jadi harus diupload ulang untuk CV yang berbeda.


     3. Analisis SWOT
Jobs.id

STRENGHT

·      Lowongan pekerjaan yang senantiasa diperbarui setiap hari, membantu Anda menemukan pekerjaan yang Anda inginkan dengan cepat.

·      Mengoptimalkan pencarian informasi lowongan kerja yang sesuai dengan potensi dan valuasi Anda, baik dari segi tempat kerja idaman, posisi kerja, maupun gaji yang ideal

·      Mempermudah proses pencarian lowongan kerja. dengan menciptakan koneksi langsung antara Anda dan pihak yang sedang merekrut

·      Jobs.ID bergerak sebagai medium bagi pihak penyedia kerja untuk menemukan sumber daya manusia

·      sumber daya manusia berkualitas dari seluruh penjuru Indonesia dengan pengalaman dan kemampuan yang relevan dan memenuhi kualifikasi.

·      Jobs.id memberikan penawaran harga yang paling murah dan masuk akal. Kita hanya perlu membayar apa yang perusahaan inginkan dan dapatkan.




WEAKNESS

·      Secara rutin memperbarui data pribadi dan CV. Kerena data yang tidak pernah diperbarui akan memengaruhi penilaian pada CV.

·      Memaksimalkan fitur yang ada. Lengkapi seluruh form pengisian resume, aktifkan fitur pemberitahuan lowongan otomatis dan penerimaan newsletter karena perusahaan akan mengirimkan informasi tentang lowongan kerja yang cocok dengan kita, fitur baru, tip, maupun trik serta informasi penting lainnya ke alamat e-mail kita.



OPPORTUNITIES

·      Jobs.Id dapat meningkatkan iklannya yang tidak mencapai momentum apapun dibandingkan dengan bisnis berlangganan dan perekrutannya.

·      Jobs.Id membuka peluang perusahaan untuk merekrut karyawan yang memiliki potensi dan terbuka luas.


THREATS

·      Munculnya hackers untuk mencuri data calon karyawan.

·      engan majunya teknologi saat ini , membuat banyak persaingan antar perusahaan situs media online. Sehingga Jobs.Id harus mampu mengembangkan lebih daripada situs media online lainnya agar tetap eksis di dunia perekrutan karyawan online.

Analisis SWOT 
Jobsstreet

a. Strenght
Jobstreet sendiri memudahkan kita dalam proses login dimana pengguna atau pelamar pekerjaan hanya memilih apakah mendaftar secara manual atau mendaftar dengan facebook tanpa harus repot mengisi satu persatu form yang akan diisi. Ketika masuk ke Beranda Jobstreet banyak sekali lowongan pekerjaan dengan berbagai posisi yang pelamar inginkan. Di Jobstreet sendiri kita juga bisa memilih gaji yang diinginkan sesuai dengan keahlian atau posisi pelamar. Ketika akan melamar kita akan diminta mengisi disebuah kotak untuk mempromosikan diri kita dan sekaligus meyakinkan perusahaan bahwa kita benar-benar membutuhkan pekerjaan itu, dan juga dibatasi 300 karakter.

b.Weaknesses
JobStreet sendiri merupakan situs online dimana semua orang bisa melihat situs tersebut, sehingga banyak persaingan dalam merebut posisi yang akan kita lamar nantinya.


c. Opportunity
Jobstreet sendiri merupakan Situs lowongan kerja No. 1 di Indonesia , Dipercaya oleh lebih dari 49,500 perusahaan, 2x lebih baik dibandingkan situs pencari kerja lain. Dan juga Jobstreet mendapatkan pemasukan dari perusahaan yang akan memasang iklan disitus Jobstreet sendiri


d. Threats

Dengan majunya teknologi saat ini , membuat banyak persaingan antar perusahaan situs media online. Sehingga Jobstreet harus mampu mengembangkan lebih daripada situs media online lainnya agar tetap eksis di dunia perekrutan karyawan online.




https://id.jobsdb.com/id-id/articles/apa-kelemahan-dan-kelebihan-anda/
http://haniyaalkaff.blogspot.com/2016/10/analisa-swot-jobsid.html

Comments